Budayakan Minum Susu Sejak Dini

knewwatches.net – Menurut data yang catat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) konsumsi susu masyarakat indonesia masi sangat minim dan kecil sekali hanya berkisar 16,5 liter saja per kapita/tahun.ini angka yang sangatlah kecil di banding negara tetangga yang punya kesadaran lebih akan manfaat daripada susu.

Bahkan Malaysia memiliki konsumsi susu yang lebih besar daripada Indonesia, Malaysia 60liter per kapita/tahun. Dari perbandingan itu membuktikan bahwa kurangnya pengetahuan untuk masyarakat Indonesia bahkan masi banyak jumlah balita yang hanya mengkonsumsi susu kalengan atau kental manis.

Padahal susu kental manis sangatlah berbahaya bagi untuk kesehatan jika di konsumsi secara terus menerus dan bahkan tidak baik untuk tubuh karena kadar gula dalam susu kental manis sangatlah tinggi bahkan kandungan susu dalam 1 kaleng susu kental manis hanyalah 8%. Perihal ini harus segera di perhatikan oleh masyarakat kita.

Susu kental manis bukan susu bernutrisi dan memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga sangat berbahaya untuk pertumbuhan balita. Akan tetapi masyarakat beranggapan bahwa susu kental manis bisa menjadi pengganti susu bubuk untuk balita dan itu sangat lah keliru. Informasi ini di rangkum dari texaspokercc.

Kementerian kesehatan menginformasikan kepada BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan selaku pengawas ijin edar untuk lebih memperhatikan bahwa produk susu kental manis sama sekali tidak di anjurkan untuk balita dan tidak bisa untuk mengantikan nutrisi yang di butuhkan balita.

Karena kandungan protein yang terdapat pada susu kalengan hanyalah 8gram saja setiap kalengnya. Adapun larangan keras yang di buat oleh BPOM di antaranya larangan iklan susu kental manis jika menampilkan balita karena pemerintah ingin memberi penyuluhan akan kekeliruan tentang pemahaman masyarakat.

BPOM juga sekarang sudah melarang keras akan adanya iklan yang beredar tentang susu kental manis yang disajikan dengan cara di seduh untuk di konsumsi sebagai minuman karena sebetulnya susu kental manis bukan memiliki fungsi sebagai minuman akan tetapi lebih memiliki fungsi sebagai toping makanan.

Kemenkes bersama badan pengawas dan perlindungan anak – anak saat ini tengah berjuang keras untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di luar daripada ibukota untuk tidak memberikan susu kental manis kepada anak balita dan pentingnya susu bubuk bagi pertumbuhan balita.

Sebenarnya minum susu bukan hanya baik untuk pertumbuhan anak balita akan tetapi susu juga sangat di butuhkan oleh orang dewasa. Susu dapat menjaga kesehatan tulang,mencegah osteoporosis,susu juga dapat menguatkan gigi karena kandungan kasein dalam susu dapat mengembalikan lapisan tipis pada permukaan email gigi.

Susu juga dapat membentuk masa otot, memelihara masa otot dan dapat menjaga masa otot. Memelihara kesehatan jantung dan penelitian terbaru bahwa hipertensi dapat terkontrol dengan mengkonsumsi susu minimal 1 gelas/hari.

Leave a Reply